| |
| Kajian Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) |
| Yayasan Unilever Indonesia |
| |
| Abdul Kohar Irwanto1, Angga Prabowo1 |
| |
| 1Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor |
| |
| |
| ABSTRACT |
| |
| Since the year of 2000 until 2007, PT Unilever Indonesia Tbk has put in place the CSR |
| program into the working agenda of the company from the corporate structure through the whole |
| related business part. The company has been emphasizing the effort to achieve the better prosper of |
| public quality of life. The main objective of the research is to understand the effectiveness of the |
| CSR program of Unilever Indonesia Foundation as part of the CSR program definition which so far |
| has been conducted and in order to compare the CSR program among other similar companies. The |
| information and data that has been collected within this research are covering both the primary and |
| secondary data based on the date of August 2008 to October 2008. The method of the analysis are |
| using the descriptive analysis and Rank Spearman correlation analysis. Based on the research, to |
| conclude, there are three CSR program operated by the Unilever Indonesia Foundation which |
| include environmental program, recycling, and education. Based on the regression analysis, the |
| results show the factors affecting the environmental program that are including organizational issue |
| and priority of needs. As for the recycle program, the factors that affect the effectiveness of the CSR |
| program are the party who receive the support and organizational issue. Additionally, the education |
| program is mainly driven by the priority of needs. |
| |
| Keywords: Effectiveness, Corporate Social Responsibility, Environmental Preservation. |
| |
| seperti memberi kesempatan beribadah sesuai |
| PENDAHULUAN |
| keyakinan, kesempatan belajar bagi |
| |
| perkembangan karyawan, tidak membedakan |
| Latar Belakang |
| karyawan laki-laki maupun perempuan, dan |
| Saat ini dunia usaha tidak lagi hanya |
| menjunjung tinggi kesetaraan. |
| memerhatikan catatan keuangan perusahaan |
| Untuk setiap program CSR yang akan |
| semata (single bottom line), melainkan juga |
| dilaksanakan oleh perusahaan, terdapat |
| aspek sosial dan lingkungan yang biasa disebut |
| beberapa hal yang terlebih dahulu disepakati: |
| triple bottom line. Sinergis dari tiga elemen ini |
| (a) siapa kelompok penerima, (b) apa indikator |
| merupakan kunci dari konsep pembangunan |
| keberhasilannya, dan (c) bagaimana |
| berkelanjutan (sustainable development) |
| tindaklanjutnya. Program CSR harus efisien, |
| (Wibisono, 2007). |
| efektif, bermutu, dan bisa diandalkan sehingga |
| Seiring dengan itu, berbagai kalangan |
| harus dilakukan secara ekonomis dan rasional |
| swasta, pemerintah, organisasi masyarakat, dan |
| untuk dapat meningkatkan laba perusahaan. |
| dunia pendidikan berupaya merumuskan dan |
| Agar dapat dilakukan secara efektif dan |
| mempromosikan tanggung jawab sosial sektor |
| efisien, program CSR membutuhkan suatu alat |
| usaha dalam hubungannya dengan masyarakat |
| atau teknik yang digunakan dalam perencanaan |
| dan lingkungan. |
| dan pengendalian fungsi-fungsi CSR tersebut. |
| PT Unilever Indonesia Tbk, misalnya |
| Selama ini dalam pelaksanaan program |
| mengistilahkan hal tersebut dengan people and |
| CSR pada PT Unilever Indonesia Tbk sangat |
| brand. Dua hal ini dianggap sebagai aset utama |
| menyadari pentingnya memberi dan berbagi, |
| perusahaan, yaitu orang menjadi unsur yang |
| bukan semata untuk meningkatkan reputasi, |
| sangat penting. Jika pabrik rusak mungkin kita |
| tetapi membantu perusahaan terus tumbuh dan |
| bisa membangun lagi, tetapi kalau orang yang |
| berkembang. |
| rusak apa yang bisa kita lakukan. Unsur people |
| Bagi perusahaan tanggung jawab sosial |
| yang dimaksud dalam sebuah perusahaan |
| perusahaan tidak terpisahkan dari bisnis. Hal |
| adalah karyawan. Untuk itu PT Unilever |
| ini yang mendorong perlu adanya suatu kajian |
| Indonesia Tbk benar-benar berusaha |
| evaluasi bagaimana manfaat program CSR |
| memperlakukan setiap karyawan secara adil, |
| 99 |
| |
| |
| yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia |
| untuk program CSR rata-rata setiap perusahaan |
| Tbk bagi masyarakat luas dan bagi perusahaan |
| itu adalah sebesar 2% dari keuntungan bersih |
| itu sendiri. |
| perusahaan. |
| Selama tahun 2000 sampai tahun 2007 |
| Makin tinggi tingkat keuntungan bersih |
| PT Unilever Indonesia melakukan |
| sebuah perusahaan maka makin tinggi pula |
| perencanaan terhadap program CSR ke dalam |
| dana yang dikeluarkan perusahaan untuk |
| rencana kerja (RK) perusahaan baik secara |
| program CSR. Secara lebih jelas, kerangka |
| korporasi maupun pada masing-masing bagian |
| pemikiran penelitian dapat dilihat pada |
| yang terkait. Perusahaan berusaha untuk |
| Gambar 1. |
| memberikan kontribusi dalam pencapaian |
| |
| Unilever |
| kualitas hidup yang lebih baik. Misi |
| |
| perusahaan adalah menggali dan |
| |
| memberdayakan potensi masyarakat, |
| |
| memberikan nilai tambah bagi masyarakat, |
| |
| Program CSR Sasaran masyarakat |
| memadukan kekuatan para mitra, dan menjadi |
| Profit Program |
| |
| katalisator bagi pembentukan kemitraan. |
| CSR |
| |
| Dalam meningkatkan reputasi, perusahaan |
| |
| menekankan pentingnya kesinambungan dalam |
| Analisis : |
| |
| pelestarian lingkungan, kehidupan sosial, |
| Perbandingan |
| -Korelasi : Ukuran yang menggambarkan |
| maupun pertumbuhan usaha. |
| |
| Analisis |
| hubungan linier antara dua peubah ( X dan |
| Deskriptif |
| |
| |
| Y ) |
| -Regresi : Salah satu metode untuk |
| Tujuan |
| |
| menentukan tingkat pengaruh suatu |
| 1. Menganalisis tujuan dan sasaran CSR |
| |
| variable |
| Yayasan Unilever Indonesia yang paling |
| -Analisis Varian : uji model regresi secara |
| |
| menonjol. |
| simultan |
| |
| 2. Menganalisis efektivitas program CSR |
| |
| Yayasan Unilever Indonesia. |
| Hasil Hasil |
| |
| 3. Menganalisis profit untuk program CSR. |
| |
| |
| |
| METODOLOGI PENELITIAN |
| Gambaran Umum Hasil Keseluruhan |
| |
| |
| |
| Kerangka Pemikiran |
| Saran |
| PT Unilever Indonesia Tbk merupakan |
| |
| salah satu perusahaan di Indonesia yang |
| |
| memunyai program CSR sebagai bagian dari |
| Gambar 1. Kerangka Pemikiran Konseptual |
| strategi bisnisnya. Dalam setiap kegiatan CSR |
| Penelitian |
| |
| perusahaan harus memerhatikan faktor-faktor |
| Penentuan Lokasi Penelitian |
| yang memengaruhi efektivitas program CSR. |
| Penelitian ini dilakukan pada bulan |
| Program CSR pada PT Unilever Indonesia Tbk |
| Agustus - November 2008 bertempat di PT |
| dijalankan oleh bagian Yayasan Unilever |
| Unilever Indonesia Tbk yang terdapat di kota |
| Indonesia yang masing-masing bagian |
| Jakarta. |
| memiliki beberapa program khusus. |
| |
| Selama pelaksanaan kegiatan CSR pada |
| Jenis dan Sumber Data |
| PT Unilever Indonesia Tbk terdapat program- |
| Jenis data yang digunakan dalam |
| program CSR yang paling menonjol. Penelitian |
| penelitian ini adalah data primer dan data |
| ini digunakan untuk mengetahui seberapa |
| sekunder. Data primer diperoleh melalui hasil |
| efektif program CSR dalam batas pengendalian |
| pengamatan dan wawancara dengan pihak |
| yang masih bisa ditoleransi perusahaan, |
| perusahaan atau pihak-pihak lainnya yang |
| sehingga dapat diketahui faktor-faktor |
| berhubungan dengan masalah perusahaan (key |
| terjadinya penyimpangan program CSR |
| informants), hasil pencatatan lapangan, dan |
| dengan realisasi. |
| kuesioner. |
| Efektivitas perencanaan dan |
| Pengambilan sampel dilakukan dengan |
| pengendalian suatu kegiatan sangat |
| teknik purpose sampling, di mana |
| dipengaruhi oleh adanya data-data program |
| pertimbangan terhadap responden yang diteliti |
| CSR dan data-data nonprogram CSR yang |
| adalah karyawan PT Unilever Indonesia Tbk |
| memungkinkan manjemen memperoleh |
| dan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari |
| informasi dan sebagai bahan analisis guna |
| pengumpulan data program CSR dan berbagai |
| pengambilan keputusan selanjutnya dan |
| sumber kepustakaan yang berhubungan dengan |
| menjadi ukuran untuk melihat sejauh mana |
| penelitian ini. |
| kinerja perusahaan. Biaya yang digunakan |
| 100 |
| |
| |
| responden yang dipilih tidak perlu terlalu |
| Metode Pengumpulan Data |
| Data mengenai efektivitas program |
| besar. Jumlah pertanyaan yang diuji dalam uji |
| CSR perusahaan diperoleh melalui: |
| reliabilitas ini terdiri dari 43 pertanyaan. |
| 1. Pengisian kuesioner, dilakukan dengan |
| Adapun metode yang digunakan untuk |
| membagikan pertanyaan mengenai bidang |
| mengukur koefisien kekonsistenan internal |
| yang diteliti kepada para responden |
| adalah dengan menggunakan Cronbach Alpha |
| masyarakat Pasar Minggu Jakarta. |
| (a). |
| 2. Wawancara, dilakukan dengan pihak |
| Rumus Cronbach Alpha adalah: |
| manajemen Yayasan Unilever, khususnya |
| |
| |
| |
| s |
| |
| |
| k |
| |
| |
| 2 |
| pada bidang CSR, untuk memperoleh |
| - |
| 1 |
| r = |
| |
| |
| ............................ (2) |
| |
| b |
| - |
| k |
| 1 |
| |
| |
| s |
| 1 |
| gambaran dan kejelasan mengenai masalah |
| 1 t |
| |
| |
| 2 |
| yang sedang diteliti. |
| Di mana: |
| 3. Observasi, yaitu peneliti melakukan |
| r = keandalan instrumen |
| pengamatan langsung di PT Unilever Tbk |
| 1 |
| 1 |
| dan daerah Pasar Minggu, Jakarta. |
| k = jumlah butir pertanyaan |
| 4. Studi kepustakaan, dengan cara mencari |
| s = jumlah ragam butir |
| b |
| literatur, penelusuran data kepustakaan, |
| 2 |
| s = ragam total |
| buku, surat kabar, dan internet. |
| 2 |
| |
| t |
| |
| Pengolahan dan Analisis Data |
| 2. Analisis Deskriptif |
| Data yang dikumpulkan diuji dengan |
| Statistika deskriptif berusaha |
| dua macam uji, yaitu uji validitas dan uji |
| menjelaskan atau menggambarkan berbagai |
| reliabilitas. Kemudian dilakukan analisis |
| karakteristik data seperti rata-rata, median, |
| deskriptif terhadap data. Selanjutnya, untuk |
| maupun variasi data. Kegiatan statistika |
| menguji hubungan sebab-akibat digunakan |
| deskriptif antara lain menyajikan data dalam |
| metode regresi linier berganda, sementara |
| bentuk tabel dan grafik. Sebuah tabel berguna |
| analisis varian dilakukan sebagai uji model |
| untuk mengetahui hubungan antara beberapa |
| regresi secara simultan. Untuk mengetahui |
| variabel. |
| pengaruh peubah independen (X) terhadap Y |
| |
| digunakan uji t. |
| 3. Regresi Linier Berganda |
| |
| Regresi dalam statistika adalah salah |
| 1. Uji Validitas dan Reliabilitas |
| satu metode untuk menentukan tingkat |
| Sebelum kuesioner disebarkan, terlebih |
| pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang |
| dahulu dilakukan suatu pengujian kuesioner |
| lain. Variabel yang pertama disebut dengan |
| yaitu uji validitas dan reliabilitas. Menurut |
| bermacam-macam istilah: variabel penjelas, |
| Singarimbun dan Effendi (1995), uji validitas |
| variabel eksplanatorik, variabel independen, |
| menunjukkan sejauh mana alat mengukur apa |
| atau secara bebas variabel X (karena sering |
| yang ingin diukur. Uji validitas digunakan |
| kali digambarkan dalam grafik sebagai absis, |
| untuk mengetahui tingkat valid suatu butir |
| atau sumbu X). Variabel yang kedua adalah |
| pertanyaan dalam kuesioner. Perhitungan nilai |
| variabel yang dipengaruhi, variabel dependen, |
| korelasi antara data pada masing-masing |
| variabel terikat, atau variabel Y. Kedua |
| pertanyaan dan skor total dengan memakai |
| variabel ini dapat merupakan variabel acak |
| rumus teknik korelasi Product Moment sebagai |
| (random), namun variabel yang dipengaruhi |
| berikut: |
| harus selalu variabel acak. |
| |
| Regresi berganda sering kali digunakan |
| - |
| ) |
| )( |
| ( |
| Y |
| X |
| XY |
| n |
| r = |
| untuk mengatasi permasalahan analisis regresi |
| ....... (1) |
| 2 Y |
| - |
| - |
| )] |
| ( |
| )][ |
| ( |
| [ |
| 2 |
| 2 |
| 2 |
| Y |
| n |
| X |
| X |
| n |
| yang melibatkan hubungan dari dua atau lebih |
| variabel bebas. Modelnya adalah sebagai |
| Di mana: |
| berikut: |
| X = skor masing-masing pertanyaan |
| Y = ß0 + ß1 X1+ ß2X2 + ß3 X3 + e …...........(3) |
| Y = skor total |
| Di mana: |
| N = jumlah responden |
| Y = peubah tak bebas yang dipengaruhi |
| r = angka korelasi |
| oleh peubah bebas |
| Setelah dilakukan uji validitas, maka |
| X = peubah bebas yang memengaruhi |
| langkah selanjutnya adalah uji reliabilitas. Uji |
| peubah tak bebas |
| keterandalan kuesioner dilakukan dengan |
| e = galat |
| pendekatan internal yaitu pengambilan data |
| |
| dilakukan sekali pada responden yang |
| 4. Analisis Varian (Uji Simultan/Uji-F) |
| karakteristiknya mirip dengan karakteristik |
| Analisis varian dilakukan sebagai uji |
| responden yang akan diteliti dan jumlah |
| model regresi secara simultan. Analisis ini |
| 101 |
| |
![]() ![]() |
![]() ![]() |
| |
| untuk menguji apakah model regresi yang |
| dibangun berpengaruh signifikan pada taraf |
| Jenis Kelamin |
| nyata 5% terhadap pendidikan. Prosedur ini |
| menggunakan hipotesis: |
| peremp |
| 33% |
| Ho: ß0 = ß1 = ß2 =......= ßn =0 |
| uan |
| H1: Model regresi berpengaruh signifikan |
| Tolak Ho jika nilai p lebih kecil dari |
| laki-laki |
| alpha/taraf nyata atau F hitung > F tabel. |
| 67% |
| |
| 5. Uji t/Uji Parsial |
| Uji ini untuk mengetahui peubah |
| Gambar 2. Jenis Kelamin |
| |
| independen (X) yang berpengaruh nyata |
| 2. Usia |
| terhadap Y. Hipotesisnya adalah: |
| Berdasarkan hasil penyebaran |
| H0 : ß i = 0 |
| kuesioner, persentase terbesar usia responden |
| H1 : ß i 0 |
| berada pada rentang usia 20 – 30 tahun |
| Jika T hitung > T tabel atau nilai p < a artinya |
| sebesar 45%, dan persentase terkecil berada |
| peubah X berpengaruh nyata terhadap Y. |
| pada usia < 20 tahun sebesar 14% dari total |
| |
| responden. |
| HASIL DAN PEMBAHASAN |
| |
| |
| Gambaran Umum Perusahaan |
| Usia |
| PT Unilever Indonesia Tbk didirikan |
| 45% |
| pada tahun 5 Desember 1993 dengan nama |
| 14% |
| 20-30 |
| Lever’s Zeepfabrieken N.V. Berawal tahun |
| tahun |
| 1933 dengan pabrik sabun kecil Batavia, |
| 16% |
| 30-40 |
| perusahaan telah tumbuh selama lebih dari 75 |
| tahun |
| tahun bersama bangsa Indonesia. Kini, |
| >40 tahu n |
| perusahaan menghasilkan 100 produk di pabrik |
| Cikarang dan Rangkut, mulai dari sampo dan |
| 25% |
| teh, sampai sabun cuci dan margarin. Produk |
| Unilever dapat ditemukan di seluruh nusantara, |
| Gambar 3. Usia |
| |
| di berbagai outlet, mulai dari warung hingga |
| 3. Tingkat Pendidikan |
| jaringan supermarket besar. Karena itu, |
| Pada Gambar 4, pendidikan terakhir |
| dampak operasi perusahaan terasa di seluruh |
| responden Program CSR Yayasan Unilever |
| nusantara. |
| sebagian besar adalah SMU dengan jumlah |
| |
| 49%, SMP 31%, SD 18%, dan mahasiswa 2%. |
| Deskriptif Demografi Responden |
| |
| Penyebaran kuesioner pada penelitian |
| ini dilakukan terhadap 50 masyarakat Pasar |
| SMU |
| Tingkat |
| Minggu Jakarta yang telah ditetapkan |
| berdasarkan (a) jenis kelamin, (b) usia, (c) |
| SMP |
| Pendidikan |
| 2% |
| tingkat pendidikan, dan (d) pendapatan per |
| 49% |
| bulan. |
| SD |
| 18% |
| |
| Mahasisw |
| 1. Jenis Kelamin |
| Karakteristik responden berdasarkan |
| 31% |
| a |
| jenis kelamin dijelaskan dalam gambar 2. |
| Gambar 4. Tingkat Pendidikan |
| Sebanyak 67% responden dalam penelitian ini |
| |
| berjenis kelamin laki-laki dan 33% kelamin |
| 4. Pendapatan per Bulan |
| berjenis perempuan. |
| Proporsi terbesar responden untuk |
| |
| pendapatan per bulan adalah kurang dari |
| Rp1.000.000, yakni 96%. Sedangkan |
| persentase terkecil yaitu 4% adalah yang |
| memiliki pendapatan per bulan lebih dari |
| Rp1.000.000. |
| 102 |
| |
![]() ![]() |
| |
| Kondisi jalan masuk ke pemukiman |
| adalah gang-gang yang ukurannya hanya bisa |
| Pendapatan Per |
| dilalui 2 (dua) sepeda motor. Apabila |
| Bulan |
| berpapasan dua gerobak, maka salah satu harus |
| 4% |
| ada yang mengalah. Itu dulu sebelum |
| dipinggiran gang-gang tersebut dibariskan pot- |
| <= 1 juta |
| pot yang berisi kembang. Sekarang setelah |
| banyak sekali pot-pot mengisi pinggiran gang- |
| 96% |
| > 1 jut a |
| gang tersebut, maka dapat dibayangkan jalan |
| masuk ke tempat tinggal mereka akan semakin |
| sulit. |
| Tapi, karena perubahan sikap mereka |
| Gambar 5. Pendapatan per Bulan |
| ke arah yang lebih baik, hal tersebut tidak |
| |
| menjadi masalah. Selain itu, jika dilihat saat ini |
| Kegiatan CSR Yayasan Unilever Indonesia |
| mereka memiliki kesadaran untuk |
| 1. Program Lingkungan |
| memarkirkan sepeda mereka di ujung gang. |
| Pada awalnya perusahaan |
| Padahal dulu sebelum ada program ini, sepeda |
| mengidentifikasi wilayah-wilayah yang |
| motor parkir di depan rumah mereka masing- |
| mungkin dijadikan sasaran pelaksanaan |
| masing. |
| Program JGC ini yang tentunya di sana belum |
| Belum lagi dengan seringnya |
| ditemukan lingkungan yang hijau dan juga |
| kunjungan-kunjungan dari luar, sikap |
| aspek lainnya seperti belum ada pembuatan |
| masyarakat sangat dapat menerima para tamu. |
| kompos. Dari identifikasi seluruh wilayah DKI |
| Bahkan ada yang dari luar negeri, seperti |
| Jakarta salah satunya yang ada di Jakarta |
| Jepang dan Singapura, yang sengaja datang |
| Selatan. Dari hasil identifikasi tersebut, setiap |
| untuk melihat hasil kerja keras mereka dalam |
| RW diminta mengirimkan 2 (dua) orang |
| menata lingkungan. Sungguh suatu perubahan |
| fasilitator untuk diberikan pelatihan dan |
| yang sangat luar biasa. |
| pembinaan terlebih dahulu. Kemudian, |
| |
| keseluruhan fasilitator se-DKI Jakarta yang |
| 2. Program Daur Ulang |
| telah mendaftar diundang oleh perusahaan |
| Di dalam program JGC, selain program |
| untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan. |
| lingkungan, PT Unilever Indonesia Tbk juga |
| Pelatihan dan pembinaan fasilitator ini |
| mengajarkan kepada masyarakat Pasar Minggu |
| dilakukan selama 3 (tiga) hari penuh. |
| agar bisa menjadi seorang entrepreuner, yaitu |
| Materi yang diberikan mencakup |
| mengajarkan kepada masyarakat cara |
| pentingnya pelestarian lingkungan, bagaimana |
| mengolah limbah dengan baik dan bisa |
| memberikan pendampingan/memotivasi |
| berguna bagi masyarakat. Perusahaan |
| masyarakat, serta brainstorming di antara para |
| bermaksud agar masyarakat bisa menjadi |
| peserta dan pelaksana. Juga banyak dilakukan |
| warga yang mandiri, tidak bergantung kepada |
| diskusi-diskusi dan simulasi. Seluruh pelatihan |
| perusahaan, dan agar bisa terus menjalin |
| ini dilaksanakan gratis kepada para peserta. Di |
| hubungan dengan masyarakat. Pengertian |
| samping fasilitator, perusahaan juga |
| program daur ulang tersebut adalah program di |
| mengarahkan agar setiap RT membentuk |
| mana mendaur ulang bahan-bahan yang sudah |
| beberapa kelompok yang terdiri dari beberapa |
| tidak bisa terpakai menjadi barang berguna |
| kepala keluarga yang masing-masing |
| bagi masyarakat. |
| kelompok memiliki satu orang ketua kelompok |
| |
| yang disebut sebagai Kader Lingkungan. |
| 1. Program Pendidikan |
| Sebelum melaksanakan tugasnya sebagai |
| PT Unilever Indonesia Tbk memunyai |
| Kader Lingkungan, mereka yang telah terdaftar |
| fasilitator dengan tugas ,mengunjungi sekolah- |
| terlebih dahulu juga diberikan pelatihan |
| sekolah yang ada di Jalan Mesjid Al-Fallah |
| selama 1 (satu) hari di tempat yang sama. |
| Pejaten Indah 2 Pasar Minggu. Kemudian |
| Pelatihan yang diberikan kepada Kader |
| anak-anak diberi pengarahan dan pengetahuan. |
| Lingkungan ini lebih menitikberatkan tentang |
| Perlombaan-perlombaan pun diadakan, seperti |
| sharing atau berbagi pengalaman dari berbagai |
| lomba cerdas cermat, menggambar, puisi, dan |
| pihak yang terlibat. |
| lain-lain. Program ini bertujuan agar anak-anak |
| Sikap para anggota masyarakat |
| lebih kreatif, semangat dalam belajar, |
| terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan |
| meningkatkan sosialisasi dengan teman-teman, |
| kelestarian lingkungan berubah bila |
| dan membuat anak-anak terhibur. |
| dibandingkan dengan sebelum program ini |
| |
| dilaksanakan. Seluruh anggota masyarakat |
| |
| memahami betapa lingkungan sangat perlu |
| untuk ditata dengan baik. |
| 103 |
| |






Tidak ada komentar:
Posting Komentar